Tes Tertulis Bakal Calon Kades, Panitia Undang Tim Independen Pembuat Naskah Soal

Gembyang (25/10), Sebanyak enam Bakal Calon Kepala Desa Gembyang Kecamatan Randudongkal mengikuti tes tertulis sebagai rangkaian kegiatan Pilkades E-Voting Desa Gembyang Tahun 2018. Sebelumnya ke enam bakal calon sudah melewati serangkaian tahapan dan dinyatakan lolos dan wajib mengikuti tes tertulis.

Bertempat di Balai Desa Gembyang bakal calon diagendakan mengikuti dua materi tes tertulis yaitu tes menulis lamaran sebagai kepala desa Gembyang dan tes tertulis pilihan ganda sebanyak seratus soal. “Tes tersebut tujuannya untuk menentukan siapa saja yang nantinya akan lolos dan ditetapkan sebagai calon kepala desa Gembyang.” Terang Makmur Santoso ketua Pilkades Gembyang.

Untuk materi tes menulis para bakal calon menulis lamaran sesuai format yang sudah ada. Artinya tes menulis tersebut bertujuan untuk mengetahui apakah bakal calon kepala desa bisa membaca dan menulis. Sedangkan untuk tes tertulis dengan model pilihan ganda sebanyak seratus soal dengan kriteria yang dinyatakan lolos tahapan berikutnya adalah berdasarkan nilai atau peringkat sebanyak 5 bakal calon.

Demi menjaga kerahasiaan naskah soal dan kenetralan, panitia menunjuk tim independen dari luar yang sengaja baru diperkenalkan pada saat pelaksanaan sekaligus membuat soal ditempat pelaksanaan ujian disaksikan bakal calon. Tim pembuat soal antara lain Ahmad Hanif (Randudongkal), Efan Oktafiyanto (semarang), Duhita Ayuningtyas (Pemalang), M. Bambang Sugiharto Adi Zaman Al Amien (Semarang).

“Tim penguji memang sengaja kami perkenalkan langsung pada saat ujian dan dilanjutkan dengan undian pembuatan soal kepada tim penguji dan sekaligus membuat naskah soal ditempat. Dari awal kami berkomitmen menjaga netralitas dari panitia dan hal ini kami lakukan bertujuan untuk menghindari prasangka yang tidak baik dari bakal calon dan pendukung sekaligus menjaga kerahahasiaan naskah.” Tambah Ketua Panitia Pilkades Gembyang.

Setelah dilaksanakan tes tersebut bakal calon lolos akan ditetapkan sebagai calon Kepala Desa Gembyang dan dilanjutkan dengan pengambilan nomor urut Calon Kepala Desa yang natinya pada hari Jum’at (26/10) akan menyampaikan Visi dan Misi.