SEJARAH DESA

Penamaan/Nomenklatur Desa Gembyang berdasarkan adat istiadat secara turun temurun sejak zaman dahulu berasal dari kata “mbambyang” yang artinya berkelana. Di mana pada zaman dahulu ada seorang musafir dari yogyakarta bernama Mbah Remu yang datang berkelana dan menetap di Desa yang saat ini bernama Gembyang.

Karena arif dan bijaksana maka beliau dipercaya oleh masyarakat dan diangkat menjadi pemimpin di Desa sampai beliau meninggal dan akhirnya dimakamkan di Dusun Bakung yang sampai saat ini makamnya masih ada dan menjadi pemakaman umum yang terkenal dengan sebutan Makam Mbah Remu. Kemudian Setelah Beliau meninggal digantikan oleh seorang tokoh masyarakat bernama Mbah Kadir mulai Tahun 1930-1975. Baru setelah periode tersebut dilaksanakan Pemilihan Kepala Desa dengan Kepala Desa terpilih bernama Derajat dari periode 1976-1998. Kemudian Periode 1998-2006 dijabat oleh Darmo selanjutnya periode 2006-2012 dijabat oleh Sukarso dan Periode saat ini menjabat dari 2012-2018 yaitu Rusnoto.

Walaupun secara formal nama Gembyang belum diketahui dibakukan dalam bentuk peraturan perundang-undangan misalnya peraturan daerah, walaupun demikian nama Desa Gembyang telah diakui secara administratif sebagai salah satu nama desa dari 211 desa yang ada di Kabupaten Pemalang.