Bintek Tata Naskah Dinas Elektronik Untuk Desa, Sekdes Gembyang : Pengarsipan Surat Menyurat Akan Lebih Mudah

Selasa (06/02), Memenuhi undangan dari Kecamatan Randudongkal perwakilan dari 18 desa se Kecamatan Randudongkal mengikuti Bimbingan Teknis Tata Naskah Dinas Elektronik (TNDE). Bertempat di Pendopo Kecamatan peserta yang hadir adalah Sekretaris Desa dan Perangkat Desa atau yang mewakili dibidang IT desa.

Acara yang dimulai pukul 10.00 WIB tersebut dibuka oleh Sis Muhammad .M (Camat Randudongkal). Dalam sambutannya beliau mengatakan bahwa sebenarnya Tata Naskah Dinas Elektronik sebenarnya sudah dari tahun sebelumnya digunakan di tingkat dinas ataupun instansi pemerintahan, untuk tahun ini akan diterapkan di tingkat desa. Tak lupa beliau juga menghimbau agar seluruh perwakilan desa yang hadir agar dapat mengikuti materi yang nantinya disampaikan oleh Tim dari Bagian Organisasi Kabupaten Pemalang.

Desa Gembyang yang diwakili oleh Nur Suci Amaliyah (Sekdes) dan Lutfi Amin (Operator Desa) menilai bahwa TNDE yang akan diterapkan di desa akan mempermudah dalam meregister surat dan mengurangi keterlambatan surat ke desa. “Sebenarnya administrasi surat di Desa Gembyang sudah teregister dengan baik meskipun masih manual. Tata Naskah Dinas Elektronik ini saya rasa akan lebih mempermudah dalam pengarsipan surat menyurat dan tidak ada surat dari kabupaten atau kecamatan yang telat ke desa.” Tutur Nur Suci Amaliyah Sekdes Gembyang.

Tata Naskah Dinas Elektronik sendiri berfungsi untuk mencatat tranportasi surat dan mengarsipkan surat, baik surat keluar dan surat yang masuk. Peserta diberikan materi simulasi pengiriman dan penerimaan surat dari desa kepada dinas atau instansi terkait dan pengarsipan surat masuk dan keluar dalam bentuk digital. “Manfaat dari TNDE untuk desa yaitu surat masuk atau surat keluar dapat diarsipkan secara digital dan itu langsung dari dinas terkait via internet ke desa begitu juga sebaliknya. Jadi tidak perlu lagi mengantarkan surat dari desa ke Kecamatan atau ke Pemalang”. Ucap Fadli Kurniawan Kasubbag Ketatalaksanaan Bagian Organisasi Setda Kabupaten Pemalang selaku Pemateri.

“Setelah selesai Bintek hari ini Bapak/Ibu tolong dibuatkan SK untuk Admin TNDE setelah itu SK tersebut kirim kepada kami via Whatsapp setelah itu kami akan berikan username dan password untuk akun TNDE desa.” Tambah Fadli pada akhir Bintek.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *