PILGUB 2018 : PPDP Lakukan Coklit Serentak

Kegiatan pencocokan dan penelitian atau yang biasa disebut coklit merupakan salah satu tahapan dalam pemilu. Kegiatan ini merupakan proses pencocokan data pemilih yang ada di form A.KWK (DP4) dengan keadaan yang ada dilapangan. Pasalnya data pemilih yang ada di form A.KWK tentu masih banyak yang belum valid.

Kegiatan COKLIT serentak dilaksanakan pada hari Sabtu (20/01//2018). Kegiatan ini merupakan salah satu program baru yang ada di KPU. Karena kegiatan coklit serentak ini tidak dilakukan pada pemilu-pemilu sebelumnya. Kegiatan coklit serentak ini masing-masing PPDP wajib melakukan coklit minimal 5 rumah pada hari awal tugas pencoklitan yang didampingi oleh PPS dan PPL.

Di hari pertama pencoklitan desa Gembyang juga harus menyiapkan sampel sebanyak 3 tokoh orang penting untuk di coklit yang terdiri dari Kepala Desa, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Agama.

Sabtu, 20/01/2018 sekitar pukul 14.00 WIB, tim PPDP kumpul di Balai Desa Gembyang untuk persiapan kegiatan Coklit Serentak yang diawali apel persiapan coklit, setelah itu PPDP beserta ketua PPS dan PPL mendatangi rumah Kepala Desa. Beliau menyambut kedatangan PPDP dengan ramah. Sembari PPDP melakukan pengecekan data, beliau memberikan saran dan masukan. Menurutnya, PPDP harus benar-benar cermat dalam melakukan pendataan. Jangan sampai banyak warga yang tidak masuk dalam daftar pemilih.

“Dicek dengan benar ya, jangan sampai ada yang tertinggal. Pastikan semua warga yang memenuhi syarat masuk dalam daftar pemilih, karena itu hak mereka. Yang sudah tidak memenuhi syarat juga jangan sampai masuk dalam data ” ujarnya

Kepala Desa Gembyang masuk dalam daftar pemilih di TPS 2 yang berada di Dk. Dermalang RT 04 RW 01 Desa Gembyang. Selesai melakukan pencoklitan di rumah Kepala Desa, Siskasari selaku PPDP TPS 2 kembali mencoklit 4 rumah untuk memenuhi kewajiban 5 rumah awal di hari pertama pencoklitan.