Optimaslisasi Penggunaan Website Desa, Admin Mendapat Pelatihan Di Kecamatan

Desa Gembyang yang diwakili oleh Lutfi Amin selaku KPMD IT mengikuti Pelatihan Optimalisasi Website Desa di Pendopo Kecamatan Randudongkal, Senin ( 29/01). Berdasarkan jadwal Pelatihan ini diikuti oleh 11 desa dari Kecamatan Randudongkal, namun yang hadir pada acara itu hanya 8 yang mendapat undangan dan terdapat tambahan tiga admin desa dari Desa Banjaranyar, Gembyang dan Rembul yang memang website desanya dinilai sudah aktif. Adapun desa yang hadir pada Pelatihan tersebut antara lain :

  1. Gembyang
  2. Banjaranyar
  3. Rembul
  4. Gongseng
  5. Semaya
  6. Kalitorong
  7. Kejene
  8. Kreyo
  9.  TanahBaya
  10. Kalimas
  11. Penusupan

Acara tersebut dibuka pada pukul 09.30 WIB, Dibuka oleh Muslih selaku Kasi PMD Kecamatan Randudongkal kemudian dilanjutkan dengan sambutan oleh Indarto selaku Kasi PID DINPERMADES Kab Pemalang. Indarto menghimbau agar sluruh admin Desa di Kecamatan Randudongkal dapat mulai aktif mengelola website desanya dan agar tidak ketinggalan dengan desa – desa yang lain. ” Desa – desa di Kecamatan Randudongkal saya pantau masih kurang aktif dalam mengelola website desanya, saya harap setelah mengikuti pelatihan ini para admin desa mulai aktif mengelola dan menyampaikan informasi melalui website desanya masing – masing. “” Ujar Indarto

“selain itu agar dapat mengikuti lomba website desa pengelolaan website desa ini juga sebagai tindak lanjut dari himbauan bapak Gubernur ( Jawa Tengah ) agar seluruh desa mempunyai website dan aktif mengelolanya.” imbuhnya.

Website Desa gembyang sendiri sejauh ini sudah dinilai aktif dan punya progres yang cukup baik. Meskipun KPMD IT (Admin) Desa Gembyang tidak mendapat undangan, Lutfi Amin berinisiatif untuk hadir dan mengikuti Pelatihan. “Kami sengaja hadir dalam Pelatihan untuk menambah wawasan dan informasi seputar pengelolaan Website Desa agar dapat lebih baik lagi dalam mengisi konten untuk web gembyang.desakupemalang.id .” Ujar KPMD IT Desa Gembyang.

Untuk diketahui bahwa seluruh desa di kabupaten pemalang yang berjumlah 211 desa sudah memiliki website desa masing – masing. selain itu, setiap tahunya juga diadakan event berupa lomba Website Desa sebagai bentuk apresiasinya. Sedangkan untuk program Pelatihan Optimalisasi Website Desa ini sudah berlangsung sebanyak sepuluh kali, diawali pada hari Senin, (15/1) di Kecamatan Pemalang, Adapun sasaran program ini adalah desa – desa yang website desanya belum aktif di kelola dengan baik.