Road To Musrenbang Kecamatan : Musrenbangdes RKP Desa Gembyang 1 usulan Pembangunan Fisik dan 1 Usulan Pembangunan Non Fisik

Selasa (26/9), bertempat di Pendopo Kantor Kepala Desa Gembyang Kecamatan Randudongkal telah diselenggarakan Musrenbang Desa Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDesa) Tahun 2017-2018, yang dihadiri berbagai elemen dan unsur masyarakat baik dari wakil-wakil kelompok, Dusun, lembaga Desa, tokoh masyarakat serta unsur lain yang terkait di Desa. Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) telah menjadi istilah populer dalam penyelenggara perencanaan pembangunan dan penganggaran di Daerah dan Desa.

Tujuan Musrenbang Desa:

  • Menyusun prioritas kebutuhan/masalah yang akan dijadikan kegiatan untuk penyusunan RKP Desa dengan pemilahan sbb : Prioritas kegiatan desa yang akan dilaksanakan desa sendiri dan dibiayai oleh APB Desa yang bersumber dari Pendapatan Asli Desa (PA Desa), Alokasi Dana Desa (ADD), dana swadaya desa/masyarakat, dan sumber lain yang tidak mengikat, dan Prioritas kegiatan desa yang akan dilaksanakan desa sendiri yang dibiayai oleh APBD Kabupaten/kota, APBD Propinsi, APBN.
  • Menyiapkan prioritas masalah daerah yang ada di desa yang akan diusulkan melalui MUSRENBANG Kecamatan untuk menjadi kegiatan pemerintah daerah (UPTD dan atau SKPD);
  • Menyepakati Tim Delegasi Desa yang akan memaparkan persoalan daerah yang ada di Desanya pada forum MUSRENBANG Kecamatan untuk penyusunan program pemerintah daerah (UPTD dan atau SKPD) tahun berikutnya.

Materi dan Topik

  1. Pemaparan Oleh Kepala Desa Tentang
  2. Hasil Evaluasi RKPDes 2017
  3. Kerangka Prioritas Program RPJMDes
  4. Informasi Perkiraan ADD Tahun Berikutnya.
  5. Pemaparan Musrenbangdes dari Pihak Kecamatan Randudongkal
  6. Pemaparan Masalah yang dihadapi oleh masyarakat Desa.
  7. Penyepakatan Prioritas Desa untuk RKP-Desa Tahun 2018

Sedangkan Unsur Pimpinan Rapat dan Narasumber sebagai berikut:

B. Unsur Pimpinan Rapat dan Narasumber
Pemimimpin Rapat : Irfan Rosyidi dari BPD Gembyang
Sekretaris/Notulen : Eraeni Budi Raharti dari KPMD
Narasumber : 1. Muslih dari Kasi Tapem Kecamatan
    2. Makmun Riyadh dari PLD Kecamatan
    3. Enurudin Joko dari Pendamping Desa
    4. Nur Suci Amaliyah dari Sekdes

Setelah dilakukan pembahasan dan diskusi terhadap materi atau topik di atas selanjutnya seluruh peserta Musrenbang Desa menyetujui serta memutuskan beberapa hal yang berketatapan menjadi keputusan akhir dari Musrenbang Desa RKP tahun 2018 yang akan dibawa ke Musrenbang Kecamatan yaitu Pembangunan Talang Air Irigasi di dusun Cengis sedangkan untuk pembangunan non fisik adalah Pelatihan Komputer. Sementara itu utusan yang akan mewakili desa gembyang di musrenbang kecamatan antara lain :

  1. Kepala Desa Gembyang Bapak Rusnoto
  2. TP PKK Desa Gembyang Ibu Nely Suryanti
  3. BPD Desa Gembyang Bapak Irfan Rosyidi
  4. KPMD Desa Gembyang Bapak Lutfi Amin
  5. Tokoh Wanita dari Unsur Masyarakat Ibu Siskasari
  6. Tokoh Masyarakat Bapak Sutrimo